5/23/2018

Panduan Bagi Penggalang Dana

yayasanrs.blogspot.com : Banyak yang bertanya bagaimana cara membuat Kampanye Penggalangan Dana di kitabisa.com,pertanyaan ini dari teman-teman di darat juga teman yang Donasi ke Proyek Penggalangan Dana saya setelah saya membagikan Link nya melalui FB, WA, Twitter , dll.


Jalan Menuju Surga Yayasan Riyadlatus Salikin
Sebelum anda membuat Proyek Penggalangan Dana dan membuat Akun di kitabisa.com, sebaiknya baca dulu Panduannya secara umum supaya mengerti dan anda bisa mempersiapkan apa saja yang diperlukan sebelum membuat akun dan membuat Proyek Kampanye anda.

Setelah dicari di situs resminya yaitu di situs Kitabisa.com, maka saya tampilkan apa yang banyak di pertanyakan calon Penggalang Dana  adalah sebagai berikut.

1. Apakah Kitabisa.Com Langsung Memberikan Dana ?

Tidak.
Kitabisa.com hanya menyediakan fasilitas website untuk menggalang dana secara online, kami tidak memiliki dana yang bisa disalurkan. Keberhasilan sebuah penggalangan dana sangat bergantung pada kualitas konten, luas jaringan dan upaya galang dana yang dilakukan.

2. Apakah Ada Biaya Untuk Menggalang Dana Dengan Kitabisa.Com?

Anda dapat membuat halaman campaign secara gratis. Untuk setiap donasi yang terkumpul, Kitabisa mengenakan biaya administrasi platform (5%) kecuali untuk kategori zakat dan bencana alam yang diinisiasi oleh lembaga resmi / NGO (biaya adminisitrasi 0%)

Sebagai social enterprise (Perusahaan bermisi sosial). Kitabisa menggunakan fee ini sebagai penunjang kebutuhan operasional dan pengembangan produk.

3. Siapa Saja Yang Bisa Menggalang Dana Di Kitabisa.Com?

Kitabisa memfasilitasi siapa saja yang ingin menggalang dana.
Kitabisa telah digunakan oleh ribuan pengguna mulai dari NGO global, yayasan lokal, komunitas, himpunan alumni, mahasiswa, artis, hingga individu/pribadi yang ingin menggalang dana untuk tujuan sosial, membantu sesama atau menciptakan karya.

4. Apakah Kitabisa Melakukan Verifikasi Terhadap Proposal Galang Dana Yang Masuk?

  • Setiap penggalang dana (campaigner) wajib melampirkan ID KTP, foto diri terbaru, akun social media, dan jika diperlukan akan diwawancarai melalui telpon untuk melewati proses verifikasi.
  • Jika tidak terverifikasi, maka user tersebut tidak dapat mencairkan donasi yang terkumpul.
  • Kitabisa juga mewajibkan campaigner membuat update & laporan penggunaan dana melalui halaman campaign Kitabisa.com.
  • Sebagai open platform kami tidak bisa sepenuhnya memastikan keaslian dan hasil dari sebuah campaign penggalangan dana.
Baca Juga : 


Untuk itu kami menyarankan donatur untuk berdonasi ke campaign yang dikenal/dipercaya. 
Campaign yang terpercaya umumnya sudah mendapatkan donatur awal (tidak 0%), memberikan keterangan lengkap beserta kontak, dan aktif menulis update/laporan.

5. Siapa Yang Akan Donasi Di Campaign Saya?

Berdasarkan statistik, 40% donatur pertama berasal dari kenalan/lingkaran terdekat pemilik campaign, 30% kedua berasal dari "temannya teman" dan 30% berikutnya hingga tidak terbatas dari orang yang tidak dikenal.
Artinya, Anda harus mendapatkan donasi terlebih dahulu dari orang terdekat sebelum menjangkau masyarakat yang lebih luas.

6. Apakah Kitabisa legal dan mendapat izin dari pemerintah untuk melakukan penggalangan dana?

Yayasan Kitabisa tercatat di Kemenkumham, mendapatkan izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kemensos dengan SK Menteri no 1192/HUK-PS/2017, dan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian. Lihat opini audit Kitabisa di link berikut.


Jalan Menuju Surga Yayasan Riyadlatus Salikin

7. Apa itu Kitabisa.com?

Kitabisa.com adalah website untuk menggalang dana dan berdonasi secara online terpopuler di Indonesia.
Di luar negeri website sejenis disebut juga sebagai Crowdfunding Platform.

8. Contoh Galang Dananya Seperti Apa?

Mulai dari galang dana untuk bantuan biaya pengobatan, memberikan beasiswa bagi yang membutuhkan, program yayasan/panti asuhan, mendirikan rumah ibadah/sekolah/infrastruktur umum, santunan bencana alam hingga galang dana antar alumni/komunitas, dll.


Mau Mencoba Donasi Untuk Pembangunan Pesantren Kami : 
Jalan Menuju Surga Blog, Icon Donasi kitabisa

9. Jadi Apa Manfaat Menggunakan Kitabisa.Com?

Untuk penggalang dana, kitabisa.com membuat proses galang dana Anda menjadi:

• Simple (mudah)

Buat halaman campaign Anda dalam 5 menit. Setelahnya, seluruh administrasi donasi akan dikelola oleh Kitabisa dan Anda siap menerima donasi melalui 4 rekening bank dan kartu kredit. Tidak perlu lagi membuat catatan donasi secara manual dan menggunakan rekening personal yang rentan tercampur dengan uang pribadi.

• Transparan

Tampilkan informasi lengkap tentang campaign Anda di sebuah halaman yang dapat diakses oleh siapa saja secara online. Di halaman tersebut orang dapat melihat jumlah donasi yang terkumpul dan list donatur untuk memastikan donasi mereka sudah diterima.

• Akuntabel

Melalui fitur update, setiap perkembangan dari campaign Anda akan langsung terkirim ke alamat email setiap donatur. Pastikan kepercayaan dan amanah donatur terjaga melalui fitur update.

• Viral

Karena berbasis online, Kitabisa.com sangat memungkinkan campaign Anda menjadi viral di social media, dan mendapatkan donatur di luar jejaring Anda.

Apabila anda sudah memahami point-point diatas, silahkan anda memulai membuat/Mendaftarkan akun dulu di situsnya kitabisa.com



Demikian Artikel Panduan Bagi Pengalang Dana yang kami Copas dari situs resminya, apabila ingin lebih detail silahkan kunjungi situsnya di SINI


No comments:

Post a Comment

BAGIKAN KE TEMAN ANDA