5/31/2018

3 Perkara Yang Menolong Setelah KEMATIAN

3 Perkara yang menolong setelah kematian dan yang tidak putus , yang mengikuti mayit setelah mati atau kematian, 3 Perkara ini tidak akan kembali bahkan akan menemaninya di alam kubur. Amalannya akan terputus setelah mati kecuali 3 perkara tersebut.

Rasulullah S.A.W Bersabda:

"Apabila seseorang itu meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan dan anak yang soleh yang mendoakan untuknya."

Jalan Menuju Surga, Amal Jariah, Ilmu bermanfaat, anak yang medo'akan

3 Perkara Yang Menolong Setelah Kematian-Setiap mahluk yang bernyawa yang diciptaan Allah SWT akan merasakan mati tidak terkecuali semua para Malaikat,Jin,Iblis,Hewan,Tumbuhan, dll dan yang terakhir merasakan kematian adalah Malaikat Pencabut Nyawa yaitu Malaikat Izra’il.

    Allah SWT berfirman

“Hai Malakul maut (malaikat Izrail), tidakkah kamu mendengar FirmanKu, Kullu Nafsin Dza’iqatul maut, tidakkah engkau tahu setiap yang bernyawa itu akan merasakan mati.”

    Allah SWT berfirman lagi,

“Aku jadikan engkau untuk tugas itu dan engkau juga harus mati.”

Dapat dirasakan bagaimana si pencabut nyawa mencabut nyawanya sendiri. Begitulah taatnya malaikat Izrail kepada Allah SWT. Akhirnya malaikat Izrail mencabut nyawanya sendiri. Lalu hanya Allah SWT sajalah yang tersisa, karena Allah SWT bersifat kekal dan abadi.

Terompet sudah dua kali ditiup. Maka sekarang gilirannya sangkakala yang ketiga kalinya ditiup. Lalu siapa yang meniupnya? Allah SWT lalu menghidupkan malaikat Israfil untuk melakukan tugasnya yaitu meniup sangkakala untuk ketiga kalinya. Agar semua makhluk yang telah mati bangkit kembali untuk kemudian diperhitungkan amal perbuatannya selama di dunia yang fana.


Yayasan Riyadlatus Salikin Menerima DONASI dari Anda untuk Menyelesaikan Pembangunan Majlis Ta'lim Riyadlatus Salikin.
Yayasan Riyadlatus Salikin, Mencari Donatur untuk membangun Majlis Ta'lim,

Dalam riwayat lain diceritakan bahwa ketika Allah SWT memerintahkan Malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya sendiri. Maka pergilah Malaikat Izrail ke sebuah tempat antara surga dan neraka.Di tempat itulah Malaikat Izrail mencabut rohnya sendiri. 
Saat rohnya dicabut, maka menjeritlah Malaikat Izrail dengan sangat keras, bahkan dengan jeritannya itu bila masih ada makhluk yang hidup, maka dia akan binasa, karena jeritannya super dahsyat.

Malaikat Izrail berkata:

“Kalaulah aku tahu bagaimana sakitnya saat roh dicabut, maka aku sudah barang tentu akan mencabut roh orang-orang mukmin dengan cara yang paling lembut sekali.”


Setelah Malaikat Izrail mati, maka tinggal Allah SWT sajalah yang Maha Berdiri, Maha Esa, Maha Berkuasa, Maha dan Maha lainnya. Manusia Dibangkitkan.
Setelah hanya Allah SWT saja yang ada, maka Allah SWT kemudian menghidupkan Malaikat Israfil dan Hamalatul Arsy. Allah SWT memerintahkan Malaikat Israfil untuk meletakkan terompet sangkakala di mulutnya, menunggu perintah Yang Maha Kuasa selanjutnya (belum ditiup).

Kemudian malaikat ketiga yang dihidupkan Allah SWT adalah Malaikat Jibril, dan yang keempat Malaikat Mikail. Dan setelah Malaikat Jibril dan Mikail dihidupkan. Allah SWT memerintahkan Malaikat Jibril dan Malaikat Mikail untuk pergi ke makam Rasulullah SAW dengan membawa perhiasan-perhiasan dari surga dengan mengendarai BUROQ (Sejenis hewan tunggangan Rasulullah SAW pada saat Isra’ Mi’raj).

"Kemudian Allah SWT menghidupkan Nabi Muhammad SAW, barulah kemudian semua manusia dihidupkan. Semua manusia keluar dari dalam perut bumi dalam keadaan telanjang bulat, berjalan menuju Tuhan mereka. Kemudian mereka (manusia) berhenti di suatu tempat selama 70 tahun dan Allah SWT membiarkan mereka. Hanya isak tangis, banjir air mata hingga sampai mulut manusia itu sendiri. (Riwayat Abu Hurairah ra)
Dan setelah menunggu sekian lama maka mulailah penghisaban (Di Sidang Oleh Allah SWT) segala amal perbuatan selama hidup di Dunia."
Berkenaan dengan hal ini alangkah lebih baiknya kita menyiapkan bekal untuk perjalanan kita menuju alam-alam berikutnya. Sebagaimana kita menyiapkan bekal ketika mau bepergian di dunia ini.

Ada 3 Perkara yang bisa membantu meringankan Dosa-dosa manusia selama hidup di Dunia :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” 
(HR. Muslim no. 1631)

Apa saja 3 Perkara yang dapat membantu 

manusia setelah kematian, yaitu :


1. Sedekah Jariyah

2. Ilmu Yang Bermanfaat

3. Anak Sholeh Yang Selalu Mendoakan Orangtuanya.


Penjelasan dari ke 3 Perkara tersebut adalah sbb :

1.Sedekah Jariyah, seperti membangun masjid, menggali sumur, mencetak buku yang bermanfaat serta berbagai macam wakaf yang dimanfaatkan dalam ibadah, baik secara langsung ataupun melalui DONASI-DONASI di jalan Allah.
2. Ilmu Yang Bermanfaat, yaitu ilmu syar’i (ilmu agama) yang ia ajarkan pada orang lain dan mereka terus mengamalkannya, atau ia menulis buku agama yang bermanfaat dan terus dimanfaatkan setelah ia meninggal dunia.
3. Anak Yang Sholeh karena anak sholeh itu hasil dari kerja keras orang tuanya. Oleh karena itu, Islam amat mendorong seseorang untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mereka dalam hal agama, sehingga nantinya anak tersebut tumbuh menjadi anak sholeh. Lalu anak tersebut menjadi sebab, yaitu ortuanya masih mendapatkan pahala meskipun ortunya sudah meninggal dunia.


Demikian ulsaan tentang 3 Perkara Yang Menolong Setelah Kematian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini menjadikan bahan renungan untuk kita semua, Marilah kami mengajak kepada anda semua dimulai sekarang kita harus melaksanakannjya.
Kebetulan Yayasan kami sedang menyelesaikan Bangunan Majlis Ta'lim yang sudah 5 tahun terbengkalai, untuk melaksanakan Perkara yang ke 1 (Pertama) yaitu Sedekah Jariyah/Amal Jariyah, Anda bisa menjadi Donatur dengan menyisihkan kelebihan harta anda untuk pembangunan Majlis ini, sehingga AMAL JARIYAH Anda Insya Allah akan menolong di kehidupan di alam akhirat nanti.
Yang berminat silahkan Klik Icon dibawah ini, semoga anda menjadi Dermawan yang pertama yang membantu Majlis Ta'lim Riyadlatus Salikin dan semoga bertambah Rizkynya sepanjang bangunan Majlis Ta'lim Berdiri sampai alhir hayat....Amiin.

Yang Berminat DONASI Silahkan Klik Icon ini: 
Yayasan Riyadlatus Salikin, Mencari Donatur untuk membangun Majlis Ta'lim,

Apabila artikel ini bermanfaat bagi anda mohon di sebarkan ke teman-teman anda, karena dengan membagikan artikel ini anda telah melaksanakan Perkara yang Ke 2 (Dua) yaitu berbagi Ilmu yang bermanfaat di jalan Allah, dan untuk melaksanakan perkara yang ke 3 (Tiga) yaitu Anak yang sholeh, tergntung dari anda membimbingnya, kami sarankan agar anak di didik dan di bimbing sejak dini tentang pendidikan agama islam.


Wassalamu'alikum Wa rahmatullahi Wa barakatuh

BAGIKAN KE TEMAN ANDA